PENERAPAN ROLE PLAYING DUBES BERBASIS GOMAPS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN HOTS SISWA SDN 2 SERANGAN

PENERAPAN ROLE PLAYING DUBES BERBASIS GOMAPS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN HOTS SISWA SDN 2 SERANGAN I Putu Ardika SDN 2 Serangan, Kota Denpasar Bali E-mail: iputuardika85@gmail.com Rendahnya kemampuan berkomunikasi siswa kelas VI SDN 2 Serangan Denpasar Bali hanya membentuk keterampilan LOTS. Upaya untuk membangun situasi nyata berkomunikasi dan bereksplorasi sehingga keterampilan HOTS dapat ditingkatkan adalah dengan menerapkan role playing DUBES berbasis GOMAPS. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan (action research). Tujuan penelitian untuk meningkatkan keterampilan HOTS. Objek penelitian adalah siswa kelas VI SDN 2 Serangan Denpasar Bali berjumlah 38 siswa, terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Variabel penelitian yaitu penerapan role playing DUBES berbasis GOMAPS dan keterampilan HOTS. Data penelitian diperoleh dari observasi selama pembelajaran mengenai kemunculan keterampilan HOTS. Hasil penelitian menunjukan penerapan role playing DUBES berbasis GOMAPS dapat meningkatkan keterampilan HOTS siswa SDN 2 Serangan Denpasar Bali, dari predikat kurang (48%). Setelah diberikan tindakan perbaikan melalui penerapan role playing DUBES berbasis GOMAPS pada siklus satu persentase keterampilan HOTS siswa menjadi predikat baik (70%) dan pada siklus dua meningkat menjadi predikat baik sekali (88%).

Komentar