PEMANFAATAN TOSKEL G-Y DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS STEAM UNTUK MENINGKATKAN SCIENTIFIC ATTITUDE SISWA SDN 2 SERANGAN

Rendahnya sikap ilmiah siswa dalam pembelajaran berdampak pola hidup dan konsumsi minuman secara sembarangan. Hasil observasi tentang minuman yang dikonsumsi siswa, hanya 4% siswa memahami minuman sehat, sedangkan 96% tidak menyadari minuman yang dikonsumsi mengandung bahan berbahaya. Upaya meningkatkan kesadaran siswa terhadap minuman sehat adalah dengan menumbuhkan sikap ilmiah dalam pembelajaran IPA. Sikap ilmiah (scientific atittude) sangat menunjang kecerdasarn siswa dalam mengambil suatu keputusan secara tepat di era revolusi industri 4.0. Sikap ilmiah memberikan kesempatan dan ruang bagi siswa bereksperimen mengembangkan bakat, menggunakan kecerdasan sesuai minat masing-masing. Tujuan penelitian ini adalah mengingkatkan saintific atittude memanfaatkan TOSKEL green and yellow (G-Y) dalam pembelajaran berbasis STEAM. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN 2 Serangan berjumlah 38 siswa. Tempat penelitian adalah di SDN 2 Serangan, Kecamatan Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Bali tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan best practice dengan metode penelitian tindakan (clasroom action research). Sebelum tindakan sikap ilmiah siswa teramati dengan persentase 54% dengan predikat cukup. Pada siklus 1 sikap ilmiah siswa meningkat menjadi 72% dengan predikat baik. Pada siklus 2 sikap ilmiah siswa semakin meningkat dengan persentase 87% berada pada kategori baik sekali. Peningkatan ini berdampak pada perubahan kebiasaan siswa mengkonsumsi minuman, dikarenakan sikap ilmiah yang terbentuk menyadarkan dan membiasakan siswa memanfaatkan tanaman obat sekolah dan keluarga menjadi minuman sehat. 

DAFTAR PUSTAKA Anas Sudijono. 2015. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers. https://hellosehat.com tentang Delapan Macam Zat Tambahan pada Makanan Cepat Saji, dan Efeknya bagi Kesehatan. (diakses tanggal 16 Oktober 2019). Kemdikbud. 2015. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 Tahun 2015 SD Kelas VI. Jakarta: Kemdikbud Kemenkes RI Nomor HK..01.07/MENKES/187/2017 Tentang Formularium Ramuan Obat Tradisional Indonesia. (diunduh tanggal 2 Oktober 2019). Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 87 Tahun 2017 tentang Pendidikan Karakter. (diunduh tanggal 18 September 2019) Suharsimi Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Sutirna. 2013. Perkembangan dan Pertumbuhan Peserta Didik. Yogyakarta: CV Andi Offset Suyanto. 2019. Kompetensi dan Profesionalisme Guru Dikdas Pada Era Revolusi Industri 4.0. Surakarta (Dipresentasikan dalam Semnas Guru Dikdas Berprestasi tahap 2 diselenggarakan Oleh Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar, Dirjen GTK, Kemdikbud. Suyono. 2013. Belajar dan Pembelajaran: Teori dan Konsep Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya. 

Komentar